Sosialisasi Posbindu pada Lintas Sektoral dan Kader Kesehatan

Dilihat : 3168 Kali, Updated: Kamis, 30 November 2017
Sosialisasi Posbindu pada Lintas Sektoral dan Kader Kesehatan

Pos Bindu Penyakit Tidak Menular 

 

Masalah kesehatan masyarakat yang dihadapi saat ini adalah makin meningkatnya kasus . PTM adalah penyakit yang bukan disebabkan oleh infeksi kuman termasuk penyakit kronis degeneratif, antara lain penyakit jantung, diabetes melitus (DM), kanker, penyakit paru obstruktif kronis (PPOK), dan gangguan akibat kecelakaan dan tindak kekerasan. Angka kematian PTM meningkat dari 41,7 % pada tahun 1995 menjadi 59,5 % pada tahun 2007 ( Riskesdas 2007 ).

Salah satu strategi dalam meningkatkan pembangunan kesehatan adalah pemberdayaan dan peningkatan peran masyarakat termasuk dunia usaha. Masyarakat diberi fasilitas dan bimbingan dalam mengembangkan wadah untuk berperan, dibekali pengetahuan dan ketrampilan untuk mengenali masalah di wilayahnya, mengidentifikasi, merumuskan dan menyelesaikan permasalahannya sendiri berdasarkan prioritas dan potensi yang ada. Dalam menentukan prioritas masalah, merencanakan, melaksanakan, memantau dan menilai kegiatan, masyarakat perlu dilibatkan sejak awal. Potensi dan partisipasi masyarakat dapat digali dengan maksimal, sehingga solusi masalah lebih efektif dan dapat menjamin kesinambungan kegiatan Upaya pengendalian PTM dibangun berdasarkan komitmen bersama dari seluruh elemen masyarakat yang peduli terhadap ancaman PTM melalui Posbindu PTM. Pengembangan Posbindu PTM merupakan bagian integral dari sistem pelayanan kesehatan, diselenggarakan berdasarkan permasalahan PTM yang ada di masyarakat dan mencakup berbagai upaya promotif dan preventif serta pola rujukannya Buku Petunjuk Teknis Posbindu PTM merupakan panduan dalam melakukan kegiatan pengendalian faktor risiko PTM melalui Posbindu PTM terutama bagi para kader/pelaksana serta pengelola program pada berbagai jenjang administrasi.

 

Hari ini, 30 November 2017 dilakukan sosialisasi tentang Pos Bindu Penyakit Tidak Menular Kepada Lintas Sektoral yang dihadiri MUSPIKA Kecamatan Jatilawang dan Para Kader Kesehatan yang ada dalam wilayah kerja Puskesmas Jatilawang. Kegiatan dilaksanakan di Pendopo Balai Desa Desa Karanganyar Kecamatan Jatialwang. Nara sumber dari Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas dan dari Puskesmas Jatilawang. 

Pos Bindu PTM

Sosialisasi Pos Bindu

Komentar