WORKSHOP KONSELING TES ATAS INISIASI PETUGAS TB JAKARTA, 20 - 23 NOVEMBER 2017

Dilihat : 209 Kali, Updated: Senin, 20 November 2017
WORKSHOP KONSELING TES ATAS INISIASI PETUGAS TB JAKARTA, 20 - 23 NOVEMBER 2017

WORKSHOP KONSELING TES ATAS INISIASI PETUGAS TB JAKARTA, 20 - 23 NOVEMBER 2017

 

Dalam Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No.1278/Menkes/SK/XII/2009 tentang Pedoman Pelaksanaan Kolaborasi Pegendalian Penyakit TB dan HIV dinyatakan bahwa pelaksanaan Pengendalian TB dan HIV perlu dilaksanakan secara terpadu mulai dari tingkat pusat sampai ke fasilitas Pelayanan Kesehatan Primer (Fasyankes Primer).
Epidemi Human Immunodeficiency Virus (HIV) menunjukan pengaruhnya terhadap peningkatan epidemi Tuberkulosis (TB) di seluruh dunia yang berakibat meningkatnya jumlah pasien TB di tengah masyarakat. Pandemi ini merupakan tantangan terbesar dalam pengendalian TB dan banyak bukti menunjukan bahwa pengendalian TB tidak akan berhasil dengan baik tanpa keberhasilan pengendalian HIV. Sebaliknya TB merupakan penyebab utama kematian pada Orang dengan HIV/AIDS (ODHA).


Kegiatan Kolaborasi TB-HIV sebagai bagian dari upaya untuk pengendalian TB dan upaya meningkatkan keberhasilan pengendalian HIV/AIDS terdiri dari beberapa komponen strategi kegiatan, antara lain membentuk dan memperkuat kolaborasi TB-HIV, menurunkan beban TB pada ODHA serta menurunkan beban HIV pada pasien TB. Untuk meningkatkan keberhasilan menurunkan beban TB pada ODHA perlu didukung dengan penyediaan layanan komprehensif kolaborasi TB-HIV pada Puskesmas atau layanan DOTS yang belum memiliki layanan tes HIV.
Upaya pelaksanaan kegiatan tersebut dapat berjalan dengan baik jika petugas-petugas pelaksana di layanan memiliki pengetahuan, sikap dan keterampilan yang memadai. Oleh karena itu, diperlukan pelatihan untuk petugas-petugas pelaksana di layanan. Suhubungan dengan hal tersebut perlu dilaksanakan “Workshop Konseling Tes atas Inisiasi Petugas TB”.


TUJUAN


Menyediakan tenaga untuk dapat melaksanakan Konseling Tes atas inisiasi Petugas TB di faskes di tingkat kab/kota.


KELUARAN
Jumlah petugas TB yang dapat melaksanakan konseling tes mandiri di faskes wilayah kerja masing-masing di tingkat kab/kota.


WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN
Hari : Senin - Kamis
Tanggal : 20 - 23 November 2017
Tempat : The Parklane Hotel. Jl. Casablanca Kav. 18, Menteng Dalam, RT.4/RW.12, Tebet, RT.4/RW.12, Menteng Dalam, Tebet, Kota Jakarta Selatan,

Komentar