Jenis Pelayanan Di Puskesmas Jatilawang


Jenis Pelayanan Di Puskesmas Jatilawang

 

PERENCANAAN PUSKESMAS 

  1. Jenis-jenis pelayanan yang disediakan oleh Puskesmas   harus disusun sesuai dengan prioritas kebutuhan masyarakat
  2. Jenis-jenis pelayanan yang disediakan oleh Puskesmas, meliputi:
  3. Pelayanan UPAYA KESEHATAN MASYARAKAT (UKM),  meliputi:

Pelayanan UPAYA KESEHATAN MASYARAKAT (UKM),  Esensial meliputi:

  1. Pelayanan promosi kesehatan termasuk UKS
  2. Pelayanan kesehatan lingkungan
  3. Pelayanan KIA-KB yang bersifat UKM
  4. Pelayanan gizi yang bersifat UKM
  5. Pelayanan pencegahan dan pengendalian penyakit
  6. Pelayanan keperawatan kesehatan masyarakat

 Pelayanan UPAYA KESEHATAN MASYARAKAT (UKM),  Pengembanganmeliputi:

  • Pelayanan kesehatan lansia

Pelayanan UPAYA KESEHATAN PERORANGAN  (UKP),   meliputi:

  • Pelayanan pemeriksaan umum
  • Pelayanan kesehatan gigi dan mulut
  • Pelayanan KIA-KB yang bersifat UKP
  • Pelayanan gawat darurat
  • Pelayanan gizi yang bersifat UKP
  • Pelayanan persalinan
  • Pelayanan rawat inap
  • Pelayanan kefarmasian
  • Pelayanan laboratorium

Jenis pelayanan dan informasi tentang pelayanan wajib disediakan bagi masyarakat

Perencanaan Puskesmas   harus disusun berdasarkan analisis kebutuhan masyarakat dengan melibatkan masyarakat dan lintas sektor terkait, dan sesuai dengan visi, misi, fungsi dan tugas pokok  Puskesmas 

Analisis kebutuhan masyarakat dilakukan melalui pertemuan dengan tokoh masyarakat, sektor terkait, SMD, MMD, analisis data surveilans, capaian kinerja pelayanan.

Rencana Puskesmas   disusun dalam bentuk rencana lima tahunan, rencana usulan kegiatan, dan rencana pelaksanaan kegiatan

Rencana Puskesmas   merupakan perencanaan yang terintegrasi baik untuk pelayanan  UPAYA KESEHATAN MASYARAKAT (UKM),   maupun  UPAYA KESEHATAN PERORANGAN  (UKP)

 

AKSES MASYARAKAT TERHADAP PUSKESMAS 

  1. Informasi tentang jenis-jenis pelayanan yang disediakan Puskesmas   wajib disediakan bagi masyarakat
  2. Informasi tentang tujuan, sasaran, tugas pokok, fungsi, dan kegiatan Puskesmas   wajib disampaikan pada masyarakat, lintas sektor, dan lintas program
  3. Komunikasi dengan masyarakat, termasuk akses untuk menyampaikan umpan balik, dilaksanakan melalui: SMS/telephon, kotak saran,kotakkepusan, Surveidantemumuka.
  4. Keluhan dan umpan balik masyarakat wajib ditindak lanjuti
  5. Tindak lanjut terhadap keluhan dan umpan balik wajib dievaluasi.

 

EVALUASI KINERJA PUSKESMAS 

  1. Kinerja Puskesmas   wajib dimonitor dan dievaluasi
  2. Penilaian kinerja dilakukan terhadap semua jenis pelayanan yang ada di Puskesmas, baik  kinerja manajerial, kinerja pelayanan  Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM),   maupun kinerja Pelayanan  Upaya Kesehatan Perorangan  (UKP)
  3. Penilaian kinerja juga dilakukan terhadap penanggung jawab tiap Upaya Puskesmas 
  4. Monitoring dan Penilaian kinerja dilakukan secara periodik, baik bulanan, tri bulan, dan tahunan
  5. Hasil monitoring dan penilaian kinerja harus diumpan balikkan pada pihak-pihak terkait
  6. Hasil analisis kinerja dibandingkan dengan standar dan dilakukan kajibanding dengan Puskesmas   yang lain
  7. Kajibanding kinerja dilakukan tiap tiga bulan sekali melalui rapat tribulan yang dihadiri oleh lima Puskesmas  secara bergantian
  8. Hasil monitoring dan evaluasi kinerja, serta hasil kajibanding harus ditindak lanjuti dalam bentuk perbaikan
  9. Hasil monitoring dan penilaian kinerja wajib dilaporkan ke Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas